Minggu, 16 Januari 2011

my new family, KABOA :)


semua berawal dari keikut sertaan saya dan beberapa teman sekelas (termasuk Finna, Tania) dalam kegiatan TOT Training Fasilitator pada bulan Desember 2010 kemarin. disana saya dkk bergabung dengan teman NHI lainnya, jadi total ada 19 orang. penyelenggara event ini adalah KABOA OUTBOUND ; sebuah provider outbound yang eksis dari tahun 1998. kegiatan yang dilakukan kami disana adalah berlatih menjadi Fasilitator outbound yang baik. jadilah kami menggunakan media game dan berlatih bagaimana menjadi operator game sekaligus menghandle peserta outbound dengan baik. FYI biasanya client yang ditangani mayoritas datang dari berbagai company di Indonesia. overall saya dan semua peserta TOT merasa mendapat banyak sekali knowledge, experience dan value baru yang tidak bisa didapatkan di kampus sekalipun. tagline dari sang owner Pak Kemal pun adalah 'anggaplah kalian itu NOL. bodoh dan tidak tahu apa-apa. maka kalian akan terus memiliki kemauan untuk belajar'

semenjak itu kami secara rutin mangadakan gathering dan membahas event yang kami rencanakan, yaitu Outbound untuk anak-anak dari beberapa panti asuhan di kota Bandung. namun dengan adanya beberapa kendala, event ini masih dalam progress dan terpaksa harus di pending, mungkin samoai minggu depan. mudah-mudahan dapat terlaksana secepatnya, amin :)
tujuan kami mengadakan event tersebut yaitu agar selain tali silaturahmi antar anggota TOT angkatan kami tetap terjalin, juga untuk mempraktekkan ilmu yang telah kami dapat dari KABOA. idealnya jika ada event yang dihandle oleh KABOA maka kami akan mendapat kesempatan untuk ikut serta dan terjun langsung merasakan pengalaman dalam kegiatan sebuah outbound.

sempat terlintas dalam benak saya, 'duh kayak gimana yah rasanya terjun langsung dalam 'real event' dimana kita dituntut untuk professional, beradaptasi dengan lingkungan baru terutama menyetarakan skill dengan senior fasilitator lainnya?'

nah pertanyaan saya tersebut terjawab ketika tanggal 14-15 Januari kemarin saya dan beberapa teman KABOA (fitrah & kunkun) didampingi oleh senior Teh Ika & Kang Haqqi join dalam event DEBOER (outbound operator dari jakarta,namun ownernya juga kerabat KABOA). disana kami juga bertemu kawan baru dari IEO yang terdiri dari Teteh & Akang UNISBA. nah selama 2 hari satu malam kami bekerja bersama menghandle client perusahaan IT dari jakarta.

pada hari kedua resmilah saya melaksanakan tugas sebagai Co-Fasilitator. disitu saya berusaha semaksimal mungkin untuk mempraktekan segala ilmu yang saya dapat sewaktu TOT. saya akui awalnya saya sangat nervous belum terbiasa menghandle mas&mba kantoran. walaupun mayoritas peserta masih muda, tetap saja saya canggung karena harus menjadi co-fasilitator dari DEBOER yaitu Mas Agus Tri (terlihat agak kaku awalnya). ternyata ekspektasi saya melenceng jauh,sodara sodara!

1. Mas Agus Tri sangat baik dan memberi saya lebih banyak kesempatan untuk berlatih fasilitator SENDIRIAN! i mean, karena games di post saya ada 2 set, jadilah saya & mas Agus masing2 bertanggung jawab atas kelompok yang datang (datang 2 kelompok sekaligus) nah Mas Agus memberi saya kepercayaan dan banyak memberi masukan. intinya tidak menjadikan saya anak bawang :) hehe

2. kali pertama saya memberi instruksi game sempat sedikit 'keselimpet' tapii saya langsung memperbaikinya di kesempatan selanjutnya. jadi ketika kelompok kedua,ketiga dst nya datang saya sudah confident dan semakin lancar :) quite proud of myself hihi

3. mulai bisa menguasai & mengimbangi peserta. FYI yah, yang namanya mba&mas kantoran kalau lagi acara kayak gitu totally like a bunch of children! susah diatur, mau menang sendiri dan banyak becandanya! untung saya bisa cepat adaptasi dan ikutan haha-hihi aja sama mereka. sampe ada beberapa mas muda yang flirting dan becanda minta nomer hape segala dehh haha

setelah sesi Game Amazing Race nya selesai, saya merasa menjaadi lebih dekat dan akrab dengan seluruh fasilitator dan panitia. agak sedih rasanya saat baru terasa dekat namun sudah harus berpisah. kemudian acara ditutup dengan evaluasi internal oleh fasilitator dan owner.

evaluasi according to me adalah:
* overall acara berjalan lancar,panitia berkoordinasi dengan baik dan peserta puas dengan event ini. terlihat dari ekspresi sebagian peserta yang sangat respect pada panitia di akhir acara. sampai ada sesi dadah-dadahan dari bis segala loh pas mereka mau pulang,hihi.
* teknis pelaksanaan setiap outbound company berbeda. perbedaan inilah yang menjadi bahan evaluasi khususnya bagi anak2 KABOA
* evaluasi untuk diri saya sendiri adalah next time saya harus lebih cepat adaptasi, ekspresif dan mengeluarkan potensi diri saya. but so far i still proud of myself (tetep pede :P)

okay semoga kedepannya saya bisa terus berpartisipasi dan belajar dari kesempatan yang ada. sukses untuk KABOA, DEBOER dan SAYA!! yeahhh

2 komentar: