Minggu, 16 Januari 2011

Ayo Hidup Hemat

seperti biasa siang ini saya 'nyampah' di dunia maya. gara2 gak ada gawe. pas sekilas saya liat home page Facebook. seorang teman nge-like sebuah page bernama Ayo Hidup Hemat.
wew hatiku langsung bergetar. apakah ini suatu pertanda saya mendapat jawaban dari Sang Maha Kuasa? haha lebaay oncom.
maksud saya, kayanya dari judulnya aja saya udah cocok nih. tanpa banyak basabasibusuk saya serta merta embuka page itu dan ikutan ngelike! yang bikin saya mengharu-biru adalah ternyata mereka memiliki blog jugaa. alamatnya http://ayohiduphemat.blogspot.com/
yippie jadi lebih puas dong, hehe.
anyway isi dari blognya adalah KUMPULAN TIPS berbagai macam. menurut sayah isinya bermanfaat, straight to the point, dan yang pasti inspiring! (apalagi buat orang macam saya). langsung bertekad akan terus update tips di blog ini deeh :) hehe
oia most-favorite-article sayah yaitu ini :

TIPS HIDUP HEMAT ALA MAHASISWA

Yang namanya mahasiswa seringkali (bahkan selalu) ngeluh masalah keuangan, n kayanya g mahasiswa aj deh yang mengalami gejala susah keuangan, hampir seluruh rakyat Indonesia , g hanya yang berada dibawah garis kemiskinan tapi juga yang udah punya rumah mewah, mobil keren dan istri banyak kadang juga mengalami kesulitan uang, termasuk kluarga gw, tapi bedanya bokap gw istrinya cuma satu dan g punya rumah dan mobil mewah.
jangan salah semakin kaya seseorang kadang juga semakin banyak hutangnya, liat aj Indonesia tercinta, yang katanya negeri kaya akan sumber daya alam, tentram damai sentosa dan sejahtera. Tapi mana?? malah lebih banyak utangnya daripada defisa Negara, betul g pak menteri?
Lepas dari urusan Negara, kesulitan keuangan masih menghantui temen2 senasib seperjuangan gw terlebih lagi yang merantau jauh dari orangtua yang mana keuangannya udah dijatah dan hidup matinya mereka tergantung pada uang jatah tsb.
Ni dia beberapa tips berhemat yang(semoga aj) dapat membantu masalah pendanaan mahasiswa rantau

1.Niat untuk berhemat

Percuma kalo pengen hemat tapi g ad niat, pasti g bisa jalan. ingat hadist rosululullah “segala amal perbuatan berawal dari niat”. Jadi klo pengen berhemat mantapkan dulu niat kamu

2.Bikin alokasi anggaran untuk setiap pengeluaran

Ni sekaligus buat belajar manajemen keuangan kamu, bikin catetan tentang berapa uang yang didpt dari ortu, trus bagi2 menurut masing2 pengeluaran, buat prioritas buat pengeluaran yang harus dipenuhi kaya’ buat bayar kos, buat makan sehari2, buat biaya fotokopi materi kuliah, bayar hutang klo punya dan lain sebagainya. Misal ni ya, lu dapet jatah 500rb sebulan, 150rb bwt bayar kos, 250rb bwt makan, 50 rb buat fotokopi,bayar hutang 25rb,sisanya bisa buat nabung. Lu harus nepatin apa yang sudah dialokasikan, jangan sampe lu ngambil duit yang udah siapkan untuk tiap keperluan bwt hal2 g penting, terlebih sampe terlibat hutang dan jatuh ke jurang kegelapan yang amat dalam

3.Bagi yang punya utang, Bayar dulu utang kamu!!

Ni juga penting, lunasin dulu hutang2 lu, secara hutang antar manusia itu hukumnya wajib untuk dibayar. Bayar utang g perlu langsung dilunasin, dicicil jg gpp tergantung negosiasi lu ma yang ngutangin, jngn sampe demi lunasin hutang malah g makan sebulan, n’ jadi kurus kering dan g layak d sembelih bwt kurban taon depan hwakakak..! Tapi jangan sampe lu bayar hutang dengan hutang yang baru alias gali lubang tutup lubang kalau lu g pengen terjerat dlm lingkaran setan hutang piutang yang g akan pernah ada habisnya. jangan juga bo’ongin ortu buat lunasin utang kamu dengan dalih bwt kepentingan kuliah, selain resiko dikutuk menjadi batu, juga bakalan dikutuk menjadi ikan pari ha…! Apalagi klo sampe nekad jadi babi ngepet buat bayar utang, bukannya knp2 c, tapi yang mau nungguin lilinnya itu lho sapa????????

4.Usahakan untuk bikin tabungan

Jangan ampe uang yang udah dijatah n dipilah2 tadi abis smua,sisakan untuk tabungan bwt jaga2 klo seandainya perlu duit mendadak. Klo bisa bikin tabungan di bank, ato minimal pake celengan, emang kesannya kaya anak kecil bgt tapi pake celengan cukup efektif (gw aj pake!). Klo bisa nabungnya didepan/awal bulan biar ada uang klo ditabung, alokasikan dana buat nabung dulu, g perlu banyak2, ckp 10% dari jatah bulanan. jangan nunggu sisa uang bulanan atau akhir bulan bwt ditabung. Klo jelas ada sisa sih gpp, tapi klo keburu habis kan malah g jadi nabung, y g?. Satu cara lagi, bikin niatan klo mau nabung,mksdnya gni, seandainya km abis bli sesuatu trus ada kembalian 500 perak, langsung aj masukin celengan dan bikin niatan bahwa setiap kamu punya uang 500 perak, apapun yang terjadi langsung ditabungin, g hanya 500 perak 100 perak pun gpp dan lebih besar nilai uangnya lebih baik.

5.Bawa duit seperlunya klo mo kluar

Yang nmanya ank muda gaul tu perlu bgt kan, tapi jangan karena bgaol jadinya malah g mencukupi kebutuhan bulanan kamu, misalnya aj lu perlu nonton ma cewek lu, pilih hari senen yang biasanya ada nomat,pilih bioskop yang deket kaya di royal, kn deket tu dari ketintang.g usah jmpt cewek lu, biar ceweklu aj yang dateng k kos lu.bawa uang secukupnya, pokoknya bisa bwt bli tiket bdua, bli makanan kecil, udah itu aj. brangkatnya jalan kaki klo gengsi bisa naik sepeda ato pinjem motor temen yang baik bgt ma lu n’ bensinnya banyak, jd g perlu gnti uang bensin secara temen lu itu baik bgt ma lu. Bodo amat mau dbilang pelit ma cewek lu, tadi kan udah niat mau berhemat, klo cewek lu bener kan seharusnya bisa ngerti dan dukung usaha lu!

6.Pilih warung makan yang ekonomis

Hidup mati mahasiswa rantau biasanya tergantung ma warung makan sekitar kos. Cari warung makan yang ekonomis, ekonomis g harus murah, bisa aj agak mahal tapi bergizi, daripada murah bgt tapi g da nutrisinya ntar malah kita bisa sakit dan kaya orang busung lapar, mahalan dikit gpp drpd kita bayar murah trus sakit, beda 500 perak g masalah bukan?!, daripada buat bli obat kan mending buat bli makan yang enak! Klo bisa cari yang enak, murah, bergizi, wlpn tmptnya agak jauh g masalah itung2 sekalian olah raga, tapi jngn yang jauh2 bgt, ntar pulangnya laper lagi he…! Klo bisa join masak ma temen se kos kan malah bgs tu, selain bisa hemat dg masak sndiri, jg bisa menjalin persatuan dan kesatuan antar warga se kos(kaya TVRI aj) sekaligus bwt latihan seandainya istri qta besok2 hamil kan qta bisa masakin tu, wah romantis bgt kn!!

7.Bedakan antara keinginan dan kebutuhan

Nah ini yang paling penting, dan biasanya ini adlh ujian paling berat karena ni qta sama juga dg melawan hawa nafsu. jangan sampe lu abisin uang jatah bulanan untuk sesuatu yang hanya lu pengenin sedangkan kebutuhan lu masih jauh dari mencukupi. Klo lu beli sesuatu hanya dengan dasar pengen, seberapapun duit yang lu punya g bakal pernah cukup. Percaya deh! Klo lu udah tau apa aj kebutuhan lu, buat anggaran yang seperti d jelaskan diatas+tabungan, klo ada sisa bisa d belanjain untuk sesuatu yang bermanfaat, sukur2 klo sisanya di tabungin jg.



8.Jangan lupa shodaqoh

Shodaqoh tu juga perlu sebagai tanda sukur qta terhadap semua rezeki dan nugrah yang udah Allah kasih k qta. Berhemat bukan berarti harus pelit, tapi berhemat tu brarti qta dapat mengelola keuangan qta dengan sebaik2nya dan jangan sampe timbul hutang diantara qta. Bukankah Allah akan menambah rezeki qta apabila qta mau bersyukur secara diantara harta qta kan juga ada hak fakir miskin dan ank2 yatim,. Emang sih ada yang bilang klo pelit pangkal kaya, tapi kayanya dengan hati tidak tenang dan hidup tidak tentram, tidur tidak nyenyak dan boker tidak nikmat karena trus2an dikatain pelit lagian d akhirat bakalan susah karena kebiasaan pelit itu tadi, klo qta hemat dan mau shodaqoh berarti hidup qta bakalan damai tentram gemah ripah loh jinawi, tidur nyenyak, makanpun jadi nyaman(promag kale…!) karena g da yang ngatain qta pelit dan amal shodaqoh qta bisa nolong wktu d akhirat nanti.
G da kata terlambat buat coba jadi hemat, dan qta g perlu nunggu kesempatan karena kesempatan tu qta sendiri yang bikin asalkan ada niat dan kemaluan,

nah saya pas baca manggut manggut setuju deh. intinya semua tips yang ditulis disitu memang yang selama ini saya lakukan. no wonder saya dapet julukan PELIT dari orang sekitar. semuanya saya jawab secara DIPLOMATIS.
saya gak pelit cuma komit dengan prioritas yang telah dibuat.
mau buktinya? nih :
* pina jarang banget saya kasih jajan, sampai temen2 sekelas secara sukarela berbagi jajanan dan mengutuk saya dengan kalimat andalan "parah banget sih lo. giliran gogirl! aja gak kelewat tiap bulan" hehe tenang sodara-sodara saya ada penjelasannya; saya dan pina kalau makan selalu tepat waktu dan gak ada 'ruang' buat cemilan. selalu komit sama jam makan, insya allah keinginan buat jajan bisa diminimalisir. trus buat gogirl! we both agree kalau itu salah satu hiburan bulanan kita, buat update latest thing outside. yaa gpp suffering dikit yang penting jangan mempengaruhi kesehatan kan?
alhamdulillah sih se irit2 nya kita sama uang makan, tetep pilah pilih tempat yang bersih,makanannya juga jelas dan kadang ada dispensasi buat makan 'mewah' lah. makanya kalau salah satu dari kita ada yang niat nya mulai goyah (biasanya pina) kita langsung inget2 lagi apa dari tujuan utama kita hidup hemat; biar punya tabungan dan sedikit meringankan beban orang tua.
kalau udah gitu, kita langsung semangat lagi, nyoba jalanin dengan ikhlas dan komit sama goal yang mau kita capai :)
* oia kita juga punya AMPLOP AJAIB yang berfungsi buat membagi uang supaya stay terus dan gak kepake untuk kebutuhan lain. i mean kalau di amplop 'uang makan' saya taro 300ribu, ya segitulah jatah makan untuk seminggu, yang lain ada 'amplop tabungan' 100ribu dan 'amplop jalan2' 100ribu. orang terdekat yang tau metode ini gak sedikit yang geleng2 dan nganggep all this stuff is weird but awesome in the other hand. secara mereka tau banget uang bulanan kita BERDUA yang gak seberapa tapi masih BISA punya tabungan.
nah kalau udah gitu saya getol banget ngajak mereka melakukan hal yang sama. at least nyoba bikin tabungan aja dulu. jadi punya plan B kalau tiba2 ada BIAYA TAK TERDUGA.

pesan moral : nabung itu penting BANGET! sekecil apapun mesti nabung. tabungan disisihkan sebelum uang dialokasikan untuk kebutuhan pokok yang lain.

nah post saya yang ini akhirnya menguak juga salah satu 'aib' saya, hehe. tapi gapapa saya suka banget berbagi tentang pentingnya menetapkan prioritas keuangan. itung itung belajar dari sekarang sebelum nantinya menjadi ibu rumah tangga yang 'financial planning' nya lebih challanging! hehe

selamat mencoba ya! (emang makanan?) ingat, semangat dan cari partner (biar ada temen yang senasib penderitaan) cheers :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar