Senin, 20 Mei 2013

Happy Play at RS Al Islam



Halo, akhirnya saya ikutan main bareng Happy Play lagi, yes saat Vitri mengabari bahwa akan ada special occasion bermain dalam salah satu event di RS Al Islam saya menyambut sukacita karena dilaksanakan di hari Sabtu! Yeaay bisa ikutan (tangis haru). Sipdeh setelah ikutan brifing di minggu lalu, hari ini 18/05 maka kami akan bersenang senang bersama adik – adik luar biasa disana. Kenapa oh kenapa luar biasa? Adik – adik down syndrome akan hadir bersama para orang tua dan mengikuti sesi parenting class. Excited sekaligus deg-degan. 

Belum pernah kontak langsung dengan mereka, nih. Berdasarkan sharing dengan beberapa volunteer baru yang juga merupakan teman – teman dari psikologi UNPAD, anak – anak DS butuh kita kelompokkan berdasarkan keaktifannya, bukan umurnya. Wuih kalo udah yang ilmiah gitu sih saya manggut-manggut aja. Setelah sempat didaulat untuk role playing di puppet theater, saya kemudian mengabari Vitri, dengan sangat menyesal tidak bisa bergabung, karena jam kerja yang selalu pulang malam tidak memungkinkan saya untuk ikut latihan huhu. Mungkin kegiatan selanjutnya saya bisa mencoba. Udah niat banget loh, sampe beli boneka tangan sendiri, haha.

Sabtu pagi, semangat loncat dari kasur mandi dan sten bay di depan lucky square nunggu Vitri, Chita dan Enggar menjemput. Disaat sedang ngumpulin nyawa, karena masih rada ngantuk, eh di fly over kircon ada peristiwa berdarah. Ada mba – mba korban kecelakaan motor. Kepalanya bocor, darahnya bercucuran wuih serem banget. Vitri langsung coba menghampiri dan mengajak mba tsb untuk ikut kita ke RS Al Islam, secara paling dekat dari lokasi kejadian. Sepanjang jalan saya jadi merinding. Padahal Cuma kebagian megangin tas nya yang juga kecipratan darah, Enggar malah harus bantuin tekan kepalanya untuk ngurangin darah yang mengucur. Segera kita tiba di UGD, Vitri & Enggar nge drop mbak nya dulu di UGD.

Beres semua kumpul, kita menuju aula di lantai 6. Ternyata peserta nya masih belum datang. Kita sempat brifing sebentar dan akhirnya menyambut satu persatu adik adik yang mulai berdatangan. Berhubung mereka rata – rata masih kecil. Dibawah 8 tahun, maka gameboard yang dibawa yang sederhana. Mulai dari balok balok kayu susun, papiko dan mainan jahit jahit yang simpel. Syukurlah mereka suka dan antusias mainnya. Cuma yang cukup berbeda dari Happy Play di RSHS adalah adik adik dan orang tua yang tersebar, maka volunteer bergantian menghampiri dan mengajak main adik – adik. Mereka juga cenderung belum bisa main bergabung, lebih didampingi langsung oleh para orang tua. Namun pemandangan yang membuat saya terharu hari ini adalah betapa orang tua sangat sabar daan mensupport anak anak mereka. Apalagi para ayah yang bisa hadir untuk mendampingi ibu dan anaknya bermain bersama. 






Setelah menyimak materi parenting class tentang tumbuh kembang anak DS, maka lantai dan panggung (lebay) diserahkan kepada Happy Play! Yippie! Ome didaulat untuk memimpin senam ala happy Play menggunakan lagu twinnies, kita semua berdiri, menggoyangkan tangan kaki berputar dan bergembira. Setelah puas bernyanyi, Chita Meisya dan Ome diiringi petikan gitar Windy menampilkan pertunjukan Puppet Show. Tema nya tentang petualangan panda dan kawan kawan. Si Panda ini mascot dari Happy Play loh hehe. Pentas puppet show berakhir, adik adik diajak memakai baju plastik. Wah ada apa ini? Rupanya kita akan mewarnai menggunakan jelly warna (bikinnya dari tepung mayzena, canggih ya). Semua adik adik antusias mewarnai dibantu ayah dan ibu nya. Saya juga ikutan loh. Tema nya abstrak (padahal mah kekurangan inspirasi) hehe syukurlah semua tidak ada yang murung tadi pagi. Ada juga adik yang masih Nampak malu – malu untuk bergabung mewarnai, tapi suka sekali bermain papiko. Minat dan keinginan adik adik DS memang tidak bisa dipaksakan. 





Wah tidak terasa sampailah ke penghujung acara, setelah membawa hasil mewarnai masing – masing seluruh peserta dan kakak – kakak Happy Play maju untuk berfoto bersama. Sungguh hari yang berkesan. Semoga dalam kegiatan selanjutnya, kita bisa kembali berkumpul dan bermain. Karena bermain adalah hak dan kebutuhan anak – anak dalam keadaan apapun. Salam Panda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar