Senin, 20 Mei 2013

Crafty Days Tobucil #7



Entah saya masih belum bisa menaklukan sang maha manajemen waktu atau memang saya spesialis pencerita dikala sudah lewat? (alias nyari waktu untuk bisa sekedar nulis dirumah).

Adalah kali pertama saya menyambangi gelaran Crafty Days yang sudah tujuh kali diselenggarakan oleh Tobucil, sebuah toko tempat segala kebahagiaan orang macam saya berkumpul. Terakhir ke Tobucil saya sukses mengikuti workshop kaligrafi jepang, nonton pentas puppet show, kopdar dengan salah satu teman cardtopost (Lily) dan menculik dua lembar kartu dan dua helai kain flannel. Ketika akhirnya tersiar kabar sebulan sebelum hari H, saya sudah asyik masyuk mencari kawan untuk bertandang bersama kesana.
Dengan seksama saya membaca list kegiatan seru yang bisa dipilih dalam 2 hari Crafty Days. Pilihan saya jatuh pada Workshop membuat sandiwara boneka kertas yang di asuh (langsung) oleh Mba Ria dari Papermoon Puppet. Wohoo! Antara senang dan kagum dan norak, saya memilih untuk mengikuti workshop tersebut, berharap bisa foto bareng selepas kelas.

Hari berganti hari, Kerjaan di kantor semakin menghimpit dan hampir mengubur angan saya mendaftar kelas tersebut. Sebuah pesan singkat dua hari menjelang hari H, dimana saya sedang berembuk dengan Andika Budiman untuk menghadiri event itu bersama, mengubah takdir saya. “Aku ikut kelas papermoon puppet yang Sabtu kok, Fan.“ begitu kata Dika. Wah langsung saja saya menelepon ke Tobucil untuk mendaftar, lucky me masih ada tempat untuk kelas tersebut.

Hari yang dinanti tiba, saya dijemput Andika di rumah, sempat pula ia minta minum dulu laksana musafir yang habis mengembara (padahal abis ngirim paket titipan mamahnya :p ) setelah itu kami berdua cukup optimis akan sampai lokasi tepat waktu walau sambil berharap si kelas akan mulai sedikit ngaret. Ketika jarum jam sudah mengarah pada pukul satu siang, kami sedang terjebak macet disekitar jalan braga dan asia afrika, tak pelak saya mengutuki keadaan tersebut. Rupanya ada weekend market braga yang membuat jalan tersebut ditutup. Kami terpaksa harus kembali memutar jalan dan makin panik diperjalanan.

Setibanya di Gedung Indonesia Menggugat, kami menuju meja registrasi. Disana kami bertemu dengan Lily, yang memang bekerja di Tobucil. Hari itu Lily Nampak cantik dan bersemangat. Sayang kami buru-buru dan tidak sempat berbincang. Masuk ke dalam kelas, kami berdua meminta maaf karena datang terlambat dan lekas menduduki kursi di meja terdekat. Rupanya Teh Arla & Teh Nia (LOTF) juga ikutan, dan di ujung meja saya melambaikan tangan pada Lana. Ah, hari yang menyenangkan bertemu banyak teman di satu tempat, hehe. 

Bagaikan dipacu waktu, saya dan Andika langsung mengikuti langkah – langkah yang di contohkan oleh Mba Ria & partner, aku lupa loh Mas nya namanya siapa. Huhu maaf ya Mas, padahal Mas ini baik sekali loh sering menghampiri meja saya & Dika yang masih tampak kebingungan. “Kita datang telat sih ya Fan, jadi kayak yang diburu-buru apaaa gitu.” Haha, saya pun mengiya kan celoteh si Dika. Pelan – pelas saya mengatur napas dan mencoba menguasai kardus bekas dalam genggaman. Hmm, mau dibentuk seperti apa ya ‘panggung’ nya? Mba Ria membawa beberapa contoh yang sudah jadi. Baiklah, saya ikuti saja salah satunya (ndak kreatip). Beres membuat si panggung, saya membolak balik halaman majalah bekas yang saya bawa dari rumah. “Kalau bisa cari karakternya saja dulu, background kolase nya kan bisa menyesuaikan warna dari karakternya,” begitu pesan Mba Ria. Okedeh, karakter pertama yang saya temukan adalah ballerina. Cukup absurd tatkala kearakter selanjutnya yang saya pilih adalah siluet pasangan di meja makan dan Jason Mraz. NYAHAHAHAHAHA. Mampus lo Pan, ceritanya apaan coba. Begitu bunyi pesan desperate di kepala saya. Ah biarlah, cerita belakangan saja, walaupun saya sudah bisa memprediksi ceritanya bakalan ngaco. Prinsip saya, “biarlah ceritanya ngaco, yang penting tampilannya kece”. Berbekal prinsip tersebut saya ngebut mencari halaman untuk kemudian saya robek robek kecil dan ditempel sebagai latar. Yak, benang merahnya adalah ‘restoran’. Duile, gaya bener deh ah. 




Mba Ria cukup hapal dengan karakter ballerina yang sempat saya tanyakan kepadanya. Maka, setelah 2 jam bergelut (tapi gak kerasa loh, sumpeh) maka satu persatu peserta di daulat untuk maju dan menceritakan atau mementaskan karyanya. Ah, pura – pura nggak lihat Mba Ria aaaah. Tapi saya gagal, senyum mesam mesem saya membuat Mba Ria memanggil si ballerina. “Ayo siapa lagi yang sudah selesai, ballerina mana nih ayo cerita.” Err, baiklah. Saya menceritakan tentang kisah sepasang muda – mudi yang sedang dinner di sebuah resto. Karna satu dan lain hal, si wanita pun ngambek ke si pria. Si pria meminta sang ballerina hadir untuk memberikan tarian romantis yang dapat meluluhkan hari si wanita. Si ballerina tak ingin sendiri, maka ia pun meminta Jason mraz mengiringi tariannya. Akhirnya si wanita luluh dan berbaikan. Haa what a night. The end.





Gak apa, emang harus diketawain ceritanya hahaha. Prinsip saya kepake kok, walau ceritanya ngaco, teater box saya termasuk yang cukup rampung dan berhasil dijepret beberapa kawan yang hadir, cie idung saya langsung kembang kempis. Oh iya, pada hari itu Raraspraw, si sohib ciamix dari Jakarta sedang bertandang ke Bandung. Jadilah dia menyelinap masuk ke kelas dan bertemu sebentar. Makasih ya Ras, sayang gue gak dikenalin ke Apgan hahaha. 

Punya Dika gimana? Sebagai pribadi perfeksionis dan kreatif, Dika berhasil mengadaptasi kisah keterlambatan kami hari itu, digabungkan dengan kebaikan Mas di kelas workshop diramu menjadi scenario pentas. Dika menggambar sendiri karakternya, tidak mengambil dari majalah. Sayang, Dika memilih untuk merampungkan si kotak panggung dirumah. Jadilah dia cerita tanpa kotak hehe. 

Selesai kelas, saya melancarkan misi untuk foro bersama mba Ria. Setelah itu saya dan Dika menjelajah venue Crafty Days #7. Menyapa Mas Budi di stand garasi opa nya, melihat semua karya yang hadir di stand-stand dan jatuh cinta pada boneka kaus kaki serta cap bertuliskan ‘empat kali empat sama dengan enambelas, sempat tidak sempat harus dibalas’. Beuh cardtopost banget kaaan, sayang berhubung saya lagi bokek maka saya cuci mata aja deh hehe.

Setelah menyimak pameran foto, saya diantar Dika ke Kummara untuk brifing Happy Play. Sungguh hari yang menyenangkan. Semoga Crafty Days #8 makin seru! Salam,
Fanni Yudharisman

1 komentar:

  1. Nama pembimbing kita yang satu lagi Mas Wulang, Fan. Aku googling dan nemuin blog dia < wulangs.blogspot.com > karyanya bagus-bagus!

    BalasHapus