Rabu, 17 Oktober 2012

Faces of Bandung #6 : Cynthia Maulina '101 Survival Tips for Fresh Meat' (at office)

Si seksi berotot dan capoerista kesayangan ini tak lain dan tak bukan adalah sohib saya sejak SMP. Cynthia Maulina. Manis, sangat ekonomis dalam berpikir dan bertindak, tergila gila dengan olahraga, aktif, dan ceria mirip Junior (oops). Everything is going great semenjak kuliah dia dan keluarga (yang juga sudah saya anggap keluarga sendiri) pindah ke bandung. Intensitas kami kembali terjaga. Saling support hingga akhirnya Lina (begitu saya memanggilnya) lulus kuliah dan pindah ke Jakarta. Memulai karir di kantor akuntan public ternama. Bahagia campur haru, soalnya gak ada lagi tempat malak episode How I Met Your Mother (lho).


Tapi sedih gak boleh lama – lama dong ah. Maka saya yang masih pengangguran ini bertanya topic yang sedang hangat hangatnya untuk si Lina.
Dunia Kerja *jeng jeng*
Yuk kita mulai ngobrolnya.

Lagi sibuk apa nih Lin?
‘apa ya? saat ini sih kalo weekdays gue kerja di kantor akuntan publik, jadi associate (junior) kerjanya mengecek kepatuhan klien terhadap standar gitu. kalo weekend biasanya gue sibuk capoeira (masih). kedepannya (dalam 3 bln,mungkin) buka usaha’

wah multitasking sekali. Pernah kepikiran buat ngorbanin salah satu rutinitas ga?
‘pernah,tapi nggak dalam waktu dekat’

Kalo usaha? udah kepikiran mau buat apa?
‘So far sih masih nerusin usaha bokap, tapi disini gue lebih tertarik ngurusin kerjasama sama ekspansi. kedepannya pengennya kuliner sama jasa sih’

kalo soal kerja kantoran nih, ceritain dong suka duka jd fresh meat di kantor
‘sukanya sih masih banyak gabut fan. lembur masih ga sesering senior (kayanya nih ya). tanggung jawab lo masih belum besar lah. duka nya yaaa paling kadang dsuruh ngerjain kerjaan yang bukan jobdesk. misalnya ngerapiin konten proposal (harusnya sekretaris). kadang dikasih tugas yg sebenernya si senor juga bisa kerjain sendiri. udah sih kalo di kantor gue sih so far lebh banyak suka nya hehehe’

kalo konon katanya dunia kerja itu kejam apalagi di jakarta, scalling dong 1-10
'so far nih ya karena gw masih anak baru jadi gue baru bisa bilang 3'

sama apa sih hal menarik yg bisa ditemui sehari2 di kantor? gimana tempat kerja bisa jadi playground yang menyenangkan juga?

‘hmmm berhubung gue jarang di kantor ganti sama hal menarik di klien aja ya. hal menariknya sih pastinya gue ketemu dengan berbagai latar belakang orang. yang paling menarik sih so far bagaimana gue bisa ngasitau kalau orang itu salah tapi dengan cara yang halus sehingga dia nggak sadar kalo kita sebenernya lagi ngoreksi dia, dan bikin dia mengakui itu. kalo di kantor sendiri gue ga terlalu banyak belajar karena mostly di klien
kalo cara bikin kantor yang menyenangkan sih ikutan kegiatan kantor (klo gue kadang ikut pilates) jadi bisa kenal orang dari berbagai divisi. selain itu kalo gue sih lebih milih cari temen dan deketin senior hehehe’

wuooh jadi kalo harus ngasih tips survival tips sebagai fresh meat di kantor apa lin?
‘Cuek, tapi dlm arti + ya. kalo gue tipsnya cuek karena gue sempet minder sama temen-teman yang dari luar negeri. terus jangan malu nanya kalo emang ga ngerti bahkan hal kecil kaya copy-paste dan berani bilang pendapat lo (biasanya senior suka antusias)
dan kalo sebagai anak baru dalam masa percobaan kalo disuruh lembur turutin aja hehe.
tapi mostly cuek sih, maksudnya cuek dengan latar belakang orang lain, pendapat orang soal kerjaan kita, kecepatan kerja orang’

oia menrut lo bekerja dengan passion itu gimana? apa sekarang lo udah bekerja dengan passion lo?
‘harus sih fan. kalo gue bilang belom. karena sebenernya gue nggak pengen di divisi ini. tapi saran gue kalo buat fresh grad jangan expect kerja dengan passion dulu
karena bargaining power kita rendah. cobain aja dulu. tapi yaaa passion itu kan msh bisa berubah. ambil kesempatan yang ada itu lebih pentng daripada passion. soalnya passion ga bakal kemana-mana, tapi kesempatan cuma sekali’

-----------------------

Sungguh quote penutup yang sangat menggugah hati disampaikan oleh Lina.
101 survival tips fresh meat di kantor macam ini memang butuh butuh enggak sih. Semoga pembaca makin aware dengan segala kegiatan adaptasi yang sejatinya dialami oleh semua pekerja di awal masa jabatannya *duile*

Thanks berat yah Lin. Sukses terus kerja dan capo nya. You're terrific karna masih bisa menjalankan kegiatan kegiatan tersebut secara beriringan.

Miss you much. xoxo


2 komentar: