Selasa, 14 Februari 2012

#Diet Kantong Plastik Campaign!

Terhitung sejak awal Januari saya dan Finna Yudharisman bergabung dengan teman-teman dari Greeneration Indonesia untuk membuat sebuah event unik yang belum pernah diselenggarakan sebelumnya. Wow, konsepnya saja sudah membuat kening berkerut alias bingung. Headbag Mob? Sejenis flash mob kah? Lalu apa bedanya dengan Flash Mob pada umumnya?

Pertanyaan itu terjawab pada hari Minggu 5 Februari 2012 kemarin. Sejak pagi buta para panitia yang sudah mencurahkan segenap jiwa raga dan semangat #DietKantongPlastik nya berkumpul di Cikapayang Dago. Wait? Apa tuh kok bawa-bawa diet? Siapa yang dimaksud? Sayah? Haha. Gini kak, sedikit prolog, #DietKantongPlastik merupakan kampanye yang sudah aktif disuarakan oleh Greeneration Indonesia selama beberapa kurun waktu terakhir. Kegiatan HeadbagMob ini ditujukan sebagai sebuah simbolisasi komitmen masyarakat yang peduli dengan penggunaan kantong plastic atau yang lebih akrab disebut kresek dan penggunaannya secara lebih bijak.

Kenapa bijak? Karena kampanye ini tidak sepenuhnya melarang namun lebih menghimbau penggunaan kantong plastik secara lebih bijak. At least mengurangi. Salah satu altenatif kegiatan ‘mengurangi’ adalah membawa tas kain sendiri ketika berbelanja. Greeneration Indonesia asiknya gak cuma bikin campaign, sekaligus menawarkan solusi dengan membuat produk #TasBagoes. Tas kain trendy warna warni yang simple dan bisa di customized. Pokoknya seru deh. Tetap bikin kamu nyaman belanja. Malah curiga belanjanya jadi tambah banyak #eh hahaha.

Kembali ke kegiatan penuh keriaan di Minggu pagi, para penggiat CFD yang sudah melihat ramai ramai acara kemudian bergabung untuk menggambar Tas Bagoes. Mereka mebawa 2 kantong plastic yang kemudian ditukarkan dengan Tas Bagoes polos yang bisa digambar/dilukis. Kantong plastic langsung mereka sematkan pada mannequin untuk membalut tubuh dan menyerupai monster kresek. Lucu yah? Hehe. Antusiasme masyarakat sangat menggembirakan. Ditandai dengan antrian yang tak kunjung surut. Mereka tertib mengantri untuk mendapat giliran mendapat Tas Bagoes. Eit tapi coba diteliti. Di salah satu sisi tas, ada 2 bolongan kecil sejajar. Ternyata oh ternyata, tas kain yang sudah dilukis kemudian dipakai di kepala dan 2 lubang kecil itu tempat mata untuk mengintip. Voila! Inilah yang dimaksud dengan Headbag Mob! Eh sebentar, dari arah CK Dayang Sumbi Kang Sano dari Greeneration Indonesia bersama dengan ratusan teman-teman komunitas berjalan dan menyuarakan #DietKantongPlastik. Saya sampai ‘merinding’ melihat banyak ‘manusia’ bersama menggerakan raga mereka untuk mendukung dan menyebarkan ‘pesan’ melalui kegiatan yang fun dan memberi experience baru. Totally amazed!

Diharapkan setelah kegiatan ini, masyarakat dan seluruh generasi muda dapat meneruskan dan menularkan ‘virus’ #DietKantongPlastik. Layaknya Greeneration Indonesia yang juga akan meneruskan kegiatan ini ke banyak kota di Indonesia. Sungguh kebanggaan tersendiri Bandung menjadi kota pioneer :D














Saya pribadi merasa sangat senang menjadi bagian dari team hebat yang bekerja dengan professional walaupun panitia volunteer. Terima kasih yang tak terhingga untuk Keluarga Greeneration Indonesia & House The House. Pasti akan sangat merindukan kebersamaan dengan panitia. Teh Shelly, Ines, Diny, A Acung, Guruh, Rahyang, Adit, Reza, Willy, Windy, Finna. Semoga bisa bekerja sama lagi di lain waktu :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar