Jumat, 01 Juli 2011

how to survive at flea market

maap nih sebelumnya. bukan berarti saya sok mentang mentang dapet julukan 'miss flea market' *gara gara Post Anything saya di Gogirl June edition* tapi memang mau bikin post yang 'kali-aja-bermanfaat' buat yang baca. hehe. soalnya saya pribadi suka banget belanja di flea market.

'ngapain sih? kan jauh, panas, isi nya mamang mamang dan mesti tarik urat buat nawar.'
nah kalau kamu masih mikir kayak gitu, nih saya kasih alasannya :)

1. saya gak maksa semua harus interest sama flea market karena masing masing punya selera *bukan pria aja yang punya selera*

2. flea market itu.. tempting! menggairahkan dan menantang. bisa kamu bayangkan misalnya di Gedebage. di lahan seluas ratusan meter persegi (kayaknya sih hehe) kamu bisa mendapatkan segala bentuk sandang. dari atasan, bawahan, daleman, luaran. you name it! biasanya saya juga hunting belt, tas sampe sepatu. jadi all in one banget kan?

3. flea market bisa melatih kesabaran, ketelitian dan kemampuan berkomunikasi kamu. nah loh? gimana cara? nih, kamu sabar karena mesti berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain buat cari barang sesuai keinginan kamu. teliti karena barang bekas harus ekstra milih, hati hati periksa jangan beli yang ada cacat, cari kondisi se maksimal mungkin.. terakhir melatih kemampuan berkomunikasi dalam tawar menawar! yep, walaupun harganya udah relatif murah, namanya belanja di pasar tetep harus nawar dong. makin murah makin puas! iya gak? ada kebanggan tersendiri juga :)

4. flea market bikin kamu lebih kreatif! gimana gak kreatif, overall koleksi baju nya 'vintage' alias banyak motif 'jadul' tapi seru buat di mix and match. yang mau cari koleksi 'basic' dengan warna netral, nude juga ada kok. pokonya semakin kreatif pilihan mix and match kamu, semakin 'otentik' dan dijamin gak ada yang nyamain di kampus, hehe.

5. flea market juga gak bikin kantong bolong. dengan range harga mahasiswa sih cocok banget. range harga 5k - 30k deh buat standar saya. biasanya yang blouse, kaos dan kemeja di harga 5-15k. buat jeans, dress, jaket dkk di 15-30k. sebenernya ada beberapa stall yang jual barang baru. tapi saya gak tertarik,tuh. namanya ke flea market ya beli yang bekas doong, beli baru mah di toko aja. hehe

sip deh siapa tau kamu kamu yang baca alasan subyektif saya tadi jadi tertarik buat 'berburu' di flea market. eh tapi kenapa pake kosakata 'berburu' segala sih? belanja kan lebih oke. nah soalnya kalau 'berburu' disana kita mesti sigap, cekatan dan jeli. persis kayak berburu di hutan. kalau lengah, bisa gigit jari gara - gara 'barang buruan' kita udah dicomot 'pemburu' lain :) hehe

nah karena saya baik hati dan tidak sombong *eh* saya kasih Do's and Dont's nya yaaa siap? here wo go!

Do's

1. dandan gembel! contoh: baju kaos semi lusuh, celana pendek, sendal yang nyaman. emang sih sekilas keliatan kayak gembel profesional, tapi percayalah semua itu akan memudahkan anda. pertama-> anda tidak akan dikira pembeli tajir, seihingga memiliki kesempatan untuk diberi 'belas kasihan' oleh sang penjual. berharap saja :p
kedua-> kostum gembel itu akan memudahkan anda bergerak dan menyerap keringat secara maksimal. secara ya, gerah dan banyak mamang2. jadi pake baju heboh dijamin membuat anda kerepotan disuit in sama si mamang2.

2. bawa tas yang aman dan uang secukupnya. i mean, tas kecil/postman bag (tas selempang) sehingga aman dalam jangkauan. isi tas sebaiknya dompet, payung, air minum, tas kain untuk tempat baju yang dibeli, biar go green! daan uang kamu disakuin aja. biar praktis gak buka dompet dimana bisa mengundang copet *edisi lebay takut dicopet ala saya* biasanya sih saya bawa uang 100-150k udah cukup dan bervariasi hasil belanjanya.

3. sadis dalam tawar menawar. biasakan tawar setengah dari harga yang ditawarkan. misalnya si mamang 'buka harga' 30 ribu. kamu sah sah aja nawar mulai dari 10k, trus naik deh dikit dikit. kalau akhirnya 15k dikasih dan memang kualitas harganya seharga itu ya kamu berhasil! another tips, kalau si mamang masih agak kekeuh, pelan pelan jalan beringsut meninggalkan si mamang dan terus menawar, jangan keliatan butuh banget. biasanya sih trik ini hampir selalu berhasil :) hehe selamat mecoba! intinya jangan takut dan punya mental kuat buat teguh pada prinsip harga kamu.

4. 'berburu' rame - rame sama teman teman dengan passion yang sama akan lebih menyenangkan. ada yang kamu tanya pendapatnya, pinjem uangnya kalau uang kamu kurang sampe buat temen ngobrol selama perjalanan. kayak saya contohnya naik angkot sampe mabok dari setiabudhi dengan estimasi waktu sekitar satu jam lebih. enaknya rame rame deh pokonya :)

Dont's


1. jangan sembarangan datang, pilih hari yang tepat buat ke flea market. tepat maksudnya barang barang baru datang dari kapal. jadi barang masih banyak dan beragam. tapi ada juga strategi lain datang di akhir minggu/sore hari biar dikasih murah karena barang nya sudah sedikit. tapi saya sih biasanya datang di tengah minggu saja.

2. jangan terlihat kamu naksir berat sama barang itu atau kelihatan butuh banget. bisa bisa si penjual rada sadis, alias gamau nurunin harga. kalau udah gitu sih tergantung kamu lagi, emang udah kesengsem banget atau hunting lagiii

3. jangan terlihat bingung. pede aja, berlagak kamu sudah sering kesana dan menguasai 'medan' amannya sih ajak teman yang sudah pernah. biar lebih efektif juga hunting nya.

4. jangan malas buat keliling sampai semua stall kamu jelajahi. biasanya setiap toko pasti minimal punya satu item yang unik lhoo

5. jangan lupa bawa tas kain buat bawa barang belanjaan karena mereka ngasih kantong plastik. kebayang kamu belanja di 5 stall berbeda, banyak banget sampah plastik yang kamu bawa. lebih go green dan stylish kalau bawa tas sendiri kan?

okay, segitu aja deh tips dari saya. so far sih hal hal kecil tersebut bisa membantu saya 'survive' kala hunting di flea market. jangan ragu ragu buat mencoba datang dan rasakan sensasinya. kasih tau saya ya yang udah nyoba dan dapat 'harta karun' :)

cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar